Inilah Mengenal Jenis – Jenis Sablon Digital Konveksi Yang Tengah Populer  

Konveksi – Nah, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Teknologi mencetak desain pada permukaan kaos/bahan ini pun sudah tidak perlu lagi. Sehingga hal ini pun membuat layar dan membuat pola desain ke layar. Selain itu juga ditemukan teknologi mesin khusus untuk mencetak desain tersebut. Baik itu secara langsung maupun dengan menggunakan media transfer. Untuk jenis teknik ini memang lebih sering dikenal dengan nama sablon digital. Di sini memang ditemukan berbagai jenis sablon digital yang cukup populer digunakan untuk mencetak di atas kaos. Bahkan jenis – jenis sablon digital ini memang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

konveksi

Inilah Beberapa Jenis – Jenis Sablon Digital Konveksi Yang Tengah Populer

Saat ini untuk melakukan pemesanan berbagai jenis sablon ini memang terbilang cukup mudah dilakukan.  Mengingat layanan tempat sablon kaos ini sudah banyak dan menjamur. Hal ini dikarenakan memang ada banyak sekali sumber jasa sablon yang dapat dimanfaatkan. Sumber – sumber informasi ini pun dapat berasal dari internet, teman atau juga datang langsung ke jasa sablon.  3 cara ini cukup praktis dan dapat mempermudah anda untuk mendapatkan jasa sablon yang bagus. Sebelum pemesanan, tidak ada salahnya menengok apa saja jenis – jenis sablon digital ini diantaranya:

  1. DTG

Untuk anda yang belum tahu DTG atau direct to garment. Merupakan jenis sablon digital yang menggunakan media perantara. Untuk memindahkan desain ke kain. Maka untuk sablon DTG ini akan di cetak langsung ke kaos. Sablon DTG ini pun menggunakan printer khusus. Dimana memang mampu meresap ke dalam kain dan tidak luntur. Selain itu kelebihan dari sablon yang satu ini adalah cepat dan mudah. Selain itu juga mampu mencetak berbagai desain full color. Sablon ini juga mampu meresap ke serat kain, tekstur lembut seperti bahan itu sendiri.

  1. Ecosolvent

Untuk jenis sablon yang satu ini menggunakan tinta khusus yang digunakan untuk mencetak desain dari wide format. Lalu kemudian di sini kertas di potong dengan plotter. Lalu kemudian sablon ini akan di press dengan suhu 200 derajat celcius. Kelebihan dari sablon yang satu ini waterproof dan tahan air. Selain itu hasilnya pun agak lebih cerah pastinya.

  1. Duracotton

Untuk jenis sablon digital yang satu ini adalah teknik yang memang mirip dengan sublimasi. Dimana jenis tinta yang satu ini digunakan juga pada tinta sublime. Akan tetapi desain di cetak pada kertas khusus. Lalu kemudian di transfer ke kain dengan hotpress bersuhu 200 derajat celcius. Kelebihan sablon yang satu ini adalah prosesnya ccepat.

  1. Sublimasi

Untuk teknik sablon digital sublimasi ini mencetak desain pada kertas sublimation. Dengan menggunakan printer inkjet lalu kemudian di press dengan suhu 200 – 250 derajat celcius. Sablon sublimation ini menggunakan tinta khusus sublime. Untuk hasil warnanya pun lebih cerah khususnya kaos dengan polyester.

Selain 4 teknik sablon di atas, maka anda bisa menggunakan transfer paper. Dimana teknik sablon digital ini menggunakan kertas khusus. Yakni sebagai transfer artwork atau desain ke permukaan kaos. Desain ini pu di cetak terlebih dahulu menggunakan printer ke transfer paper. Lalu kemudian dipindahkan ke permukaan kaos yakni melalui proses pengepressan dengan suhu 100 – 150 celcius. Untuk jenis kertas yang digunakan pun berbeda untuk kain warna terang dan warna gelap.

Leave a Comment