Inilah Jenis Resleting Berdasarkan Bahan Baku Pembuatannya Di Jasa Konveksi    

Seperti yang kita tahu, jika berdasarkan bahan baku pembuatnya. Memang sudah anda kenal banyak sekali jenis resleting pakaian yang biasa digunakan oleh jasa konveksi. Yakni anda pun bisa meletakkan untuk membuat bukaan pada pakaian maupun produk fashion lain yakni berbahan dasar kain tekstil. Nah, resleting yang memang sehari – hari anda jumpai di pakaian anda ini. Memang pada awalnya bukan diperuntukkan kepada berbagai barang seperti sekarang ini. Resleting ini atau yang memiliki nama aslinya zipper ini diperuntukkan pada sepatu pada masa lampau. Hal ini dikarenakan dulu sepatu ini telah menggunakan banyak kancing. Sehingga untuk waktu ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Guna untuk memasang atau melepasnya.

Konveksi

5 Jenis Resleting Berdasarkan Bahan Baku Pembuatannya Di Jasa Konveksi

Resleting ini memang diawali oleh temuan elias howe yang kita kenal dengan nama an automatic. Yakni dengan continuous clothing closure pada tahu 1851. Yakni memiliki prinsip kerja menyamai resleting. Namun alat ini, tidak terpasarkan dengan baik. Sebab untuk sang penemu ini pun lebih dengan – dengan temuan lain contohnya seperti mesin jahit. Jika memang anda ingin membeli resleting selau pastikan akan cocok dengan model pakaian yang akan dibuat. Yakni supaya memang tidak salah bukan. Berikut ini adalah jenis – jenis resleting beserta gambar dan kegunaannya di bawah ini:

  1. Fireproof zipper

Yakni memang sesuai dengan namanya, jika fireproof zipper ini pun dapat di definisikan. Yakni sebagai resleting yang memiliki ketahanan terhadap panas. Atau api pada suhu tertentu bukan. Nah, berbeda dengan model resleting pada umumnya fireproff zipper. Dimana hingga kini pun bisa jumpai pada baju – baju pemadam kebakaran atau produk lain sebut saja jok mobil.

  1. Waterproof zipper

Untuk jenis waterproof zipper ini merupakan jenis resleting yang sering digunakan oleh para desainer. Dimana di buat untuk berbagai macam pakaian yang digunakan di dalam air bertekanan tinggi. Yakni salah satunya yakni dapat berupa pakaian selam.

  1. Invisible zipper

Untuk jenis resleting yang satu ini memang memiliki bentuk yang memang sangat mirip dengan coil zipper. Akan tetapi giginya ini tersembunyi di balik tape zipper. Sehingga pada umumnya jenis resleting yang hanya tersedia untuk tipe close. Sehingga banyak digunakan untuk gaun dan rok.

  1. Deldrin Zipper

Untuk jenis deldrin zipper ini memang dikenal dengan nama vislon zipper ini memiliki bentuk teeth. Zipper yang mirip seperti metal zipper ini akan tetapi bahannya ini terbuat dari resin polycetal. Atau memang resin jenis lain atau yang kita kenal dengan polyethylene. Untuk jenis resleting ini memang dapat anda jumpai di pasaran. Yakni dalam bentuk close end atau open end.

  1. Plastic zipper

Jika memang di lihat secara sepintas di sini. Untuk plastic zipper ini pun memiliki gigi resleting yang memang sangat mirip dengan metalic zipper. Hanya saja di sini untuk giginya pun terbuat dari bahan plastik atau resign. Maka beberapa desainer, untuk plastic zipper yang di ciptakan dalam tipe open end. Dimana memang seringkali diaplikasikan untuk membuat bukaan jaket maupun tas.

Nah, itulah ulasan terkait macam – macam resleting ini. Selain 5 macam resleting ini, maka ada bisa menggunakan jenis resleting lain. Misalnya saja seperti metal zipper. Dimana resleting ini terbuat dari bahan metal. Bahan metal ini pun bisa digunakan yaitu berupa brass.

Leave a Comment